Senin, 27 Maret 2017

Apa Itu Bakteri dan Bahayanya Untuk Kesehatan

Apa Itu Bakteri dan Bahayanya Untuk Kesehatan

Apa Itu Bakteri dan Bahayanya Untuk Kesehatan - Bactery merupakan kelompok organisme yg tak mempunyai membran inti sel.
desyifa

Organisme tersebut termasuk ke dalam domain prokariota & berukuran sungguh kecil (mikroskopik), yg ternyata pun mempunyai peran besar dalam kehidupan.

Beberapa kelompok bactery dikenal sebagai faktor penyebab peradangan & penyakit, sedangkan kelompok lainnya bisa memberikan khasiat dibidang pangan, penanganan, & industri.

Struktur sel bactery relatip sederhana: tanpa nukleus / inti sel, kerangka sel, & organel-organel lain seperti mitokondria & kloroplas.

Sehingga tersebut menjapada dasar perbedaan antara sel prokariot dengan sel eukariot yg lebih kompleks.
Escherichia coli

Bactery bisa ditemukan di hampir semua tempat: di tanah, air, udara, dalam simbiosis dengan organisme lain maupun sebagai agen parasit (patogen), bahkan dalam tubuh manusia.

Pada umumnya, bactery berukuran 0,5-5 μm (1 mm = 1000 μm), namun terdapat bactery tertentu yg bisa berdiameter sampai 700 μm, yakni Thiomargarita, yg umumnya mempunyai dinding sel, seperti sel tumbuhan & jamur, namun dengan bahan pembentuk sungguh berbeda.

Model mikroskop dirancang awalnya oleh Robert Hooke; dimuat dalam Micrographia. Bactery merupakan organisme mikroskopik sehingga  mengakibatkan sulit buat dideteksi.

Barulah sesudah abad ke-19 ilmu mengenai mikroorganisme, apalagi bactery, mulai berkembang, berbagai perkara mengenai bactery sudah berhasil ditelusuri.

Istilah bacterium diperkenalkan oleh Ehrenberg di thn 1828, diambil dari kata Yunani βακτηριον (bacteryon) yg mempunyai arti "batang-batang kecil". Bacteryologi ialah cabang mikrobiologi.
Struktur sel
Seperti prokariot (organisme yg tak mempunyai membran inti) pada umumnya, semua bactery mempunyai struktur sel yg relatip sederhana.

Sehubungan dengan ketiadaan membran inti, meteri genetik (DNA & RNA) bactery melayang-layang di daerah sitoplasma yg bernama nukleoid.

Salah satu struktur bactery yg penting ialah dinding sel. Bactery bisa diklasipikasikan dalam dua kelompok besar berdasarkan struktur dinding selnya, yakni bactery g negatip & bactery g positip.

Banyak bactery mempunyai struktur di luar sel lainnya seperti plagel & pimbria yg dipakai buat bergerak, melekat & konjugasi.

Beberapa bactery pun mempunyai kapsul yg beperan dalam melindungi sel bactery dari kekeringan & pagositosis.

Bactery pun mempunyai kromosom, ribosom, & beberapa spesies lainnya mempunyai granula makanan, vakuola gas, & magnetosom.

Beberapa bactery bisa  membentuk diri jadi endospora yg membuat mereka bisa  bertahan hidup di lingkungan ekstrim.

Clostridium botulinum merupakan salah satu misal bactery penghasil endospora yg sungguh tahan suhu & tekanan tinggi, dimana bactery tersebut pun termasuk golongan bactery faktor penyebab keracunan di makanan kaleng.

Morpologi bactery
Bedasarkan bentuknya, bactery dibagi jadi tiga golongan besar, yakni:
  1. Kokus (Coccus) ialah bactery yg memiliki bentuk bulat seperti bola.
  2. Basil (Bacillus) ialah kelompok bactery yg memiliki bentuk batang atau silinder.
  3. Spiral (Spirilum) ialah bactery yg memiliki bentuk lengkung.

Bentuk tubuh / morpologi bactery dipengaruhi oleh kondisi lingkungan, medium, & usia.

Meskipun dengan cara morpologi berbeda-beda, bactery tetap merupakan sel tunggal yg bisa hidup mandiri bahkan saat terpisah dari koloninya.
Habitat
Bactery merupakan mikroorganisme ubikuotus, yg berarti melimpah & banyak ditemukan di hampir semua tempat.

Habitatnya sungguh beragam; lingkungan perairan, tanah, udara, permukaan daun, & bahkan bisa ditemukan didalam organisme hidup.

Bactery bisa ditemukan didalam tubuh manusia, apalagi didalam saluran pencernaan yg jumlah selnya 10 kali lipat lebih banyak dari jumlah total sel tubuh manusia.

Oleh sebab itu, kolonisasi bactery sungguhlah mempengaruhi keadaan tubuh manusia.

Bactery yg umum ditemukan ialah Lactobacillus acidophilus.

Di samping itu, ada juga kelompok bactery lain, yakni probiotik, yg bersipat menguntungkan sebab bisa menunjang kesehatan & bahkan bisa  mencegah terbentuknya kanker usus besar.

Selain didalam saluran pencernaan, bactery pun bisa ditemukan di permukaan kulit, mata, mulut, & kaki manusia.

Di dalam mulut & kaki manusia, ada kelompok bactery yg dikenal dengan nama metilotrop, yakni kelompok bactery yg bisa  memakai senyawa karbon tunggal buat menyokong pertumbuhannya.

Di dalam rongga mulut, bactery tersebut memakai senyawa dimetil sulpida yg berperan dalam mengakibatkan bau di mulut manusia.
Pengaruh lingkungan terhadap bactery...
Keadaan lingkungan yg mendukung bisa memacu pertumbuhan & reproduksi bactery.

Paktor-paktor yg berpengaruh terhadap pertumbuhan & reproduksi bactery ialah suhu, kelembapan, & cahaya.

Dengan cara umum, ada beberapa alat yg bisa dipakai buat melakukan pengamatan sel bactery terhadap berbagai parameter ini, seperti mikroskop optikal, mikroskop elektron, & lainnya.
loading...

#Suhu
Suhu berperan penting dalam mengatur jalannya reaksi metabolisme untuk semua makhluk hidup.

Terutama untuk bactery, suhu lingkungan yg berada lebih kaya dari suhu yg bisa ditoleransi bakal mengakibatkan sel bakal mati.

Demikian juga jika suhu lingkungannya berada di bawah batas toleransi, membran sitoplasma tak bakal berwujud cair sehingga transportasi zat giji bakal terhambat & proses kehidupan sel bakal terhenti.

Berdasarkan kisaran suhu aktivitasnya, bactery dibagi jadi 4 golongan:
  • Bactery psikropil, yakni bactery yg hidup di daerah suhu antara 0°– 30 °C, dengan suhu optimum 15 °C.
  • Bactery mesopil, yakni bactery yg hidup di daerah suhu antara 15° – 55 °C, dengan suhu optimum 25° – 40 °C.
  • Bactery termopil, yakni bactery yg bisa hidup di daerah suhu kaya antara 40° – 75 °C, dengan suhu optimum 50 - 65 °C
  • Bactery hipertermopil, yakni bactery yg hidup di kisaran suhu 65 - 114 °C, dengan suhu optimum 88 °C.

#Cahaya
Cahaya merupakan salah satu paktor yg mempengaruhi pertumbuhan bactery.

Dengan cara umum, bactery & mikroorganisme lainnya bisa hidup di paparan cahaya normal, namun di paparan cahaya dengan intensitas sinar ultraviolet (UV) kaya bisa berakibat patal untuk pertumbuhan bactery.

Teknik penggunaan sinar UV, sinar ks, & sinar gamma buat mensterilkan suatu lingkungan dari bactery & mikroorganisme lainnya dikenal dengan teknik iradiasi yg mulai berkembang sejak awal abad ke-20.

Metode tersebut sudah diaplikasikan dengan cara luas buat berbagai keperluan, apalagi di sterilisasi makanan buat menaikan masa simpan & daya tahan.

Beberapa misal bactery patogen yg bisa  dihambat ataupun dihilangkan antara lain Escherichia coli 0157:H7 & Salmonella.
#Radiasi
Radiasi di kekuatan tertentu bisa mengakibatkan kelainan untuk makhluk hidup, apalagi bactery.

Sebagai misal di manusia, radiasi bisa mengakibatkan penyakit hati akut, katarak, penyakit hypertensi, & bahkan kanker.

Namun, terdapat kelompok bactery tertentu yg bisa  bertahan dari paparan radiasi yg sungguh tinggi, bahkan ratusan kali lebih besar dari daya tahan manusia tehadap radiasi, yakni kelompok Deinococcaceae.

Sebagai perbandingan, manusia pada umumnya tak bisa bertahan di paparan radiasi lebih dari 10 Gray (Gy, 1 Gy = 100 rad), sedangkan bactery yg termasuk dalam kelompok tersebut bisa bertahan sampai 5.000 Gy.

Pada umumnya, paparan energy radiasi bisa mengakibatkan mutasi gen & putusnya rantai DNA.

Jika terjadi di intensitas yg tinggi, bactery bisa mengalami kematian.

Deinococcus radiodurans mempunyai kemampuan buat bertahan terhadap mekanisme perusakan materi genetik ini lewat system adaptasi & adanya proses perbaikan rantai DNA yg episien.

Bactery menguntungkan Vs Bactery merugikan
Keanekaragaman bactery & jalur metabolismenya mengakibatkan bactery mempunyai peranan yg besar untuk lingkungan.

Seperti bactery sapropit yg bakal menguraikan tumbuhan atau hewan yg sudah mati & sisa-sisa atau kotoran organisme.

Bactery ini menguraikan protein, karbohidrat & senyawa organik lain jadi CO2, gas amoniak, & senyawa-senyawa lain yg lebih sederhana.

Di bidang pertanian dikenal adanya suatu kelompok bactery yg bisa  bersimbiosis dengan akar tanaman atau hidup bebas di tanah buat membantu penyuburan tanah.

Kelompok bactery tersebut dikenal dengan istilah bactery nitrogen. Bactery nitrogen ialah kelompok bactery yg bisa  mengikat nitrogen (apalagin N2) bebas di udara & mereduksinya jadi senyawa amonia (NH4) & ion nitrat (NO3-) oleh bantuan enjim nitrogenase.

Bactery pun bisa mengakibatkan penyakit di tanaman.

Ralstonia solanacearum merupakan salah satu bactery faktor penyebab layu di tanaman buah tomat. Tanaman yg terkena menunjukkan tanda layu mendadak bahkan bisa memunculkan kematian.

Salah satu penyakit yg menyerang di tanaman anggrek ialah busuk lunak yg diakibatkan oleh bactery Erwinia carotovora.

Dalam perkembangan patogennya, tanda yg ditimbulkan bakal cepat meluas & bisa mematikan titik tumbuh tanaman.

Penyakit busuk pangkal batang di tanaman kedelai oleh Sclerotium rolspii bisa mengakibatkan rendahnya produksi kedelai. Penyakit tersebut kerap ditemukan di tanaman kedelai baik lahan kering, tadah hujan maupun pasang surut.

Pusarium oksysporum p.sp. cubense (Poc) mengakibatkan layu di tanaman buah pisang. Peradangannya bakal menganggu proses penyerapan, transportasi air & jat makanan didalam tanah, sehingga tanaman jadi layu & akhirnya mati.

Tak hanya di bidang lingkungan & pangan, bactery pun bisa memberikan khasiat di bidang kesehatan...

Antibiotik merupakan jat yg diproduksi oleh mikroorganisme & memiliki daya hambat terhadap kegiatan mikroorganisme lain & senyawa tersebut banyak dipakai dalam mengobati suatu penyakit.
Beberapa bactery yg menghasilkan antibiotik ialah:
  • Streptomyces griseus, menghasilkan antibiotik streptomycin
  • treptomyces aureopaciens, menghasilkan antibiotik tetracycline
  • Streptomyces venejuelae, menghasilkan antibiotik chloramphenico
  • Penicillium, menghasilkan antibiotik penisilin
  • Bacillus polymyksa, menghasilkan antibiotik polymiksin.


Pada manusia, terdapat beberapa jenis bactery yg kerap kali jadi faktor penyebab penyakit, yakni Mycobacterium tuberculosis yg mengakibatkan penyakit TBC, & Clostridium tetani yg mengakibatkan penyakit tetanus.

Bactery patogen bisa menyerang hewan ternak, seperti Brucella abortus yg mengakibatkan brucellosis di sapi & Bacillus anthracis yg mengakibatkan antraks.

Pada tanaman, bactery yg biasa dikenal ialah KSanthomonas oryjae yg menyerang pucuk batang padi & Erwinia amylovora yg mengakibatkan busuk di buah-buahan.


Apa Itu Bakteri dan Bahayanya Untuk Kesehatan

1 komentar:

  1. ituBola - Agen Taruhan Online | Sportsbook | Casino

    Online | Baccarat | Dragon Tiger | Roulette | Sicbo| BlackJack


    Agen Judi Online Terpercaya dan Terbaik di Indonesia.
    Menyediakan berbagai macam permainan Judi Bola & Live Casino Online Terlengkap.

    Cukup 1 User id untuk bermain semua taruhan permainan.
    - Sportsbook ( Terlengkap )
    - W88 Live Casino
    • Baccarat
    • Roulette
    • Sicbo
    • Blackjack
    • Dragon Tiger

    => Bonus Cashback 5% (dibagikan setiap Hari Senin)
    => Customer Service 24 Jam Nonstop
    => Support Bank Lokal Indonesia
    => Support Deposit Via Aplikasi OVO,PULSA,GOPAY
    => Minimal Deposit 25,000 | Minimal Withdraw 50,000
    => Proses Deposit & Withdraw Tercepat

    Kontak Kami:
    -LINE : itubola757
    -TELEGRAM : +85517696120 / @ItuBola
    -WECHAT : itubolanet
    -WHATSAPP : +85517696120

    > Pusat Bantuan ItuBola <

    BalasHapus